Some Days, Some Nights

Posted: 31 March 2013 in Catatan Senja

Kupingku masih bersetubuh dengan earphone. Shuffle playlist masih berputar, lalu tiba-tiba terpilihlah “Some Nights”, lagu nge Hyp dari Fun yg populer dengan “We Are Young” itu. Apa gara-gara judul lagu ini lantas membuatku berniat memberi judul yang sama? Entahlah. Aku sendiri hanya ingin mengarang tentang malam-malam, tentang hari-hari… Yang satu dua hari yang lalu, tersapu angin.

Seperti kemarin misalnya, tentang aku yang selalu pulang malam. Yang baru bisa menutup mata setelah sekitar pukul setengah dua dini hari. Absurd.
Atau barangkali tentang kesadaran diri. Yang hidup dibalik benteng organisasi, dimana aku sendiri belum maksi. Mengurus diri sendiri atau mengurus institusi itu sendiri.
Mau jadi apa? Mau jadi orang saja? Tapi santai saja, sejauh ini dua atau tiga-tiganya berjalan lancar.

Walau terkadang,
aku sering terjatuh.
Tapi ya mengertilah. Setelah jatuh, aku akan segera bangkit dan kembali melangkah.

Atau tentang hari-hari,
dimana kegalauan itu selalu tak ada ujung.
Padahal, perubahan hidup itu memang selalu membentuk fluktuasi. Ibarat gelombang yang naik turun. Ibarat roda, atau perdal sepeda yang kukayuh setiap kali aku pergi ke kampus, suatu saat diatas, dan suatu kali, pasti di bawah.
Dan ngomong-ngomong, sampai kapan ya aku jalan kaki? Mengingat diri yang tolol inilah pelaku yang menghilangkan kunci sepeda biru yang belum sepenuhnya milik pribadi. Dan aku, dua kali menghilangkan kontak sepeda itu.

Ah, kunci yang hilang, Flashdisk yang hilang, Atm yang hilang, uang yang hilang, buku dan kitab yang hilang, pulpen yang belum genap berumur seminggu juga hilang, tentang janji atau waktu yang hilang…
Mungkin itulah anjing dalam diri yang telah menggerogoti.
Lalu untuk sejenak melupakan, barangkali aku butuh memejamkan mata. Menghembus nafas nakal. Berfikir tanpa satu orang pun tahu.
Atau dengan duduk manis di masjid bersama ratusan santri yang sekarang berkurang menjadi puluhan. Mendengarkan Abah mengupas satu demi satu kalam Tuhan. Barangkali itu yang dapat sejenak menyirami sanubari dari galau hati. Ah, tiada hari tanpa tertawa jika mendengar Tausyah abah! Obrolan religius yang selalu gurih untuk dinikmati tertawa mendengar atau menyimak gara beliau menyampaikan materi. Bisa jadi, inilah kenikmatan yang Tuhan berikan kepada kami, para santri Al Amien.

Lalu tentang apalagi yang belum kusampaikan? Banyak.

Tentang hari tadi misalnya. Ketidaksadaran bangun tidur mengantarkanku pada senyum yang tak sengaja merekah. Benar, itulah yang kurasa ketika memasuki bilik ATM di Buaran Market. Sesungging senyum muncul juga, saat diri melihat saldo bertambah meski tak banyak. Intinya dapat menyambung hidup.
Tak apa, lupakan diri yang merengek-rengek pada ayah atau kakak tentang saldo yang tak masuk-masuk. Bahkan mereka yang sedikit absurd, ada apa gerangan dengan cara bahasaku yang terdengar lebih santun? Atau inilah akal-akalan saja, modus, agar ATM segera di transfer? Sudah. Lupakan. Intinya sekarang saldo bertambah. Dan kamu bisa menyambung hidup di kampung orang ini.

Lalu, tentang penantian Uang Bidik Misi yang tak cair-cair. Ah, kasian juga saudara-saudaraku mahasiswa Bidik Misi. Aku sendiri sudah tak tega mendengar rengek tangis mereka di group gara-gara saldo tak juga cair. Dalam penantian semu? Tapi menurutku tidak. Hari baru itu ya pasti tiba, kelak mulut yang terkatup juga sebentar lagi akan merekah dan tersenyum.

Bagaimana dengan sore tadi? Aha, interview yang singkat. Semoga saja aku sukses bisa lolos jadi Additional Journalist. Sebuah goalKU sejak awal ketika masuk SEF.

Sekarang pukul setengah dua dini hari. Waktuku tidur, wordPress. Tapi ingat, hariku belum berakhir. Tunggu Some Days ku besok.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s