Bersegera Dalam Beramal

Posted: 18 April 2013 in Suara Al Amien

Sesungguhnya manusia diciptakan untuk beramal, kemudian mereka suatu saat akan dibangkitkan pada hari Kiamat nanti untuk mendapatkan balasan atas amal-nya itu. Ia tidak diciptakan hanya untuk bermain-main lantas ditinggal saja tanpa ada pertanggungjawaban. Kita dapat mengerti bahwa orang bahagia itu ialah orang yang dapat memberikan simpanan kebaikan untuk pribadinya yang didapat disisi Allah swt. Sedangkan orang celaka adalah orang yang memberikan kejelekan untuk pribadinya, akibatnya adalah kerugian dan kesengsaraan.

Dalam khutbah disampaikan bahwa kita seharusnya mampu meng-introspeksi diri sebelum datang akal. Karena ajal merupakan ujung dari amal-amal kita semua. Khotib menerangkan lebih lanjut bahwa maut itu sangat dekat dan kita semua tak pernah tahu kapan ia datang menjemput kita. Sehingga hal tersebut dapat membawa kita untuk senantiasa berusaha mengingat kematian dan beramal untuk kehidupan sesudah kematian.

Beliau, si Khotib, menghimbau bahwa kita jangan menyibukkan diri hingga lupa dengan kewajiban kita sebagai hamba Allah. Berusaha agar tidak tertipu angan-angan, lalu lupa akan datangnya kematian.

Sebagai inti dari Khotbahnya, Khotib menggaris bawahi bahwa Sebagai orang Islam kita seharusnya takut, jangan sampai lupa mati dan menyia-nyiakan waktu. Dan bersegera melakukan ketaatan sebelum datang kematian.

Ada hadist yang menitik berbulan pada perkara yang bermanfaat bagi pemiliknya, meskipun ia telah meninggal dunia, 3 perkara itu yakni:

1. Shodaqoh Jariyah
Khotib memberi contoh dalam perkara ini diantaranya adalah wakaf tanah, wakaf masjid, madrasah, tempat tinggalk, buku-buku yang berfaidah dan lain sebagainya. Ini merupakan bentuk anakan utama yang bisa dilakukan untuk kebahagian akhirat.

2. Ilmu yang bermanfaat
hal ini bisa dilakukan oleh orang yang berilmu wanjog dengan menyampaikan ilmu agama kepada masyarkat baik secara lisan maup tulisan. Ini juga merupakan perkara yang yang akan terus bermanfaat bagi pemiliknya meski orang tersebut telah meninggal dunia.

3. Anak Sholih
doa anak atau cucu baik laki-laki atau perempuan akan bermanfaat bagi orangtuanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s