Masih Santri?

Posted: 28 April 2013 in Catatan Senja

Hari minggu, hari paling malas sedunia. Begitulah idealnya hari libur menurutku. Sabtu dan minggu, barangkali hari yang sudah menjadi pemandangan kesepian, karena semua penghuni asrama ini pun mengerti, sabtu-minggu atau mungkin ditambah jumat,sabtu, dan minggu, bisa jadi hari paling strategis untuk pulang kampung, pulang ke rumah, bertemu keluarga atau apapun. That’s true.

Lalu apa makna jumat sabtu minggu bagiku? Ah, simpel saja. It’s just an ordinary days. Malah, yang menjadi hal terparah, hari-hari itu merupakan hari yang kujadwalkan untuk bermalas-malasan. Mendengarkan musik bule seporetnya, nonton bioskop, tidur-tiduran, facebookan,twitteran, jalan-jalan. Parah, kan?
Ah, tak peduli! Toh ini duniaku! Oke silahkan mereka yang kampungnya dekat dengan daerah Purwokerto sini bisa pulang seenaknya, punya motor bisa srugal-srugul kesana kemari, dan itu jelas berbeda jauh denganku yang jaraknya terpaut jauh.
Tak cukup jauh si sebenarnya, tapi entah, barangkali akulah menjadi satu-satu nya santri yang betah bermalas-malasan di kamar asrama, tak peduli orang berkomentar atau sedikit kepo mengapa aku tak pernah pulang kampung.

Well, ini yang menjadi sorotan. Keberadaanku di asrama ini lama kelamaan semakin awut-awutan saja. Lihat saja, berapa kali aku ketinggalan tausyah subuh dari abah, berapa kali orang-orang mengajakku dengan berteriak
“fan, ayo ngaji!”
sebuah ajakan yang kerapkali kuabaikan. Ironis sekali, bukan?

Oke. Aku rasa ini bencana besar dalam jasad dan jasmaniku yang rasa-rasanya kerasukan virus malas. Virus malas. Dan ya, virus malas yang keparat!

Hingga dalam lamunan pun aku sadar. Mungkin aku tak pantas lagi disebut santri. Hey, tunggu! Sejak kapan kamu ini menjadi santri, fan? Apakah sejauh ini ada orang yang menyebutmu santri? Siapa bapakmu? Kamu dari keturunan siapa?

Well. Aku mungkin bukan santri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s