Bocah Kecil Itu

Posted: 1 May 2013 in Cerpen

Kami memanggilnya Firman. Aku sendiri kurang tahu siapa nama lengkapnya dan tahun lahirnya. Yang jelas, bocah itu

Kedatangannya di pondok kami begitu tiba-tiba. Pasalnya, bocah yang belum genap 12 tahun itu bandel minta ampun. Barangkali itulah sebab mengapa ayah bundanya menitipkannya kesini, ke Pondok Kami yang 97% dihuni mahasiswa berumuran 18tahun ke atas. Dan Kang Rudin, itulah sepupunya

Tak ada motivasi apa-apa mengapa aku tiba-tiba jadi kesurupan untuk menuliskan sekelumit tentang bocah berdialek Sunda itu, bocah Asli Salem Jawa Barat.

Kali ini, bocah itu sedang meraung-raung luar biasa. Menangis sejadi-jadinya. Membuat kami, seluruh penghuni pondok ini gusar dan sekaligus kasihan.
Kudengar ia sudah hampir satu jam lebih meraung-raung tanpa sebab. Beberapa dari kami cukup kewalahan menghadapi amukannya. Mafhumlah, anak sekecil itu. Masih dalam proses perkembangan. Jadi wajar saja kalau tipikal bocah itu suka srugal srugul dan cenderung bandel, karakter umum seorang bocah.

Sebenarnya, bukan kebandelannya yang jadi soal. Juga bukan pula perilakunya yang tak jarang membuat kami kesal kadang suka grusak grusuk masuk ke kamar kami. Dan, yang jadi soal adalah, kalau orangtuanya benar-benar “waras”, mengapa bocah selugu Firman yang menggemas kalau tertawa itu, dibiarkannya menetap dan tinggal mondok bersama kami? Para santri yang sebagian penuhnya adalah Mahasiswa?
Ini dia satu poinnya. Setidaknya, kalau mereka benar-benar sayang kepada si Firman, mengapa tak dipondokkan di pesantren Khusus anak-anak saja?

Tapi, aku yakin saja. Semua orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s