The 14th IFDC, The Days When I #RollingAndAction

Posted: 13 May 2013 in Catatan Senja, My Journey
Tags: , , ,

SONY DSC

The 14th IFDC by: @sefunsoed “Rolling and Action

Akhirnya, malam ini gue baru bisa menghela nafas lega. Kelegaan itulah yang menyebabkan mengapa selarut pukul 3.30 AM ini gue masih menghadap PC. Sama sekali mata masih melek. Mungkin karena efek indomie hot yang baru saja gue makan barusan di warung burjo bersama kawan-kawanku Organizers 1st Intake.

Duh, belum clear juga ya maksud gue lega karena apa. Yep, gue lega karena usai menjalani tugasnya sebagai salah satu Commitee di 14Th Inter Faculty Debating Championship (IFDC) , sebuah event kompetesi debat bahasa Inggris antar fakultas terpanas di UNSOED. Ini adalah sebuah acara tahunan yang diadakan organisasi SEF sebagai wahana mengembangkan bakat dan kemampuan mahasiswa UNSOED dalam hal debat bahasa Inggris, skill yang memang menjadi sebuah nilai guna sendiri sebagai seorang Leader Future dan Critical Thinker.tahun ini masih tetap di lokasi gedung Sumardjito.
Well, menarik sekali kompetesi dengan tema “Rolling And Action” ini. Seenggaknya, selama 3 hari dengan malam ini sebagai malam puncaknya, adalah momen dimana gue harus melihat, menganalisa, memahami, belajar dari mereka para debaters juga adjudicators. Ada rasa ingin bias seperti mereka, tahu bagaimana berpikir kritis, menyanggah gagasan dengan ide-ide yang tepat dan akurat. Terlebih, tema (motion given) yang diangkat juga menyoal permasalahan issue-issue global seperti Ekonomi, Pendidikan, Budaya, apapun. Sebuah problem yang setidaknya gue bias memberi kontribusi meskipun dalam taraf berargumen.
Disisi mana hal paling menarik? Ya, disaat dimana para Debaters unggulan di tiap Tim beargumen di dengan bahasa Inggris yang cetar membahana, sesekali terkesima dengan cara mereka berargumen bahasa Inggris layaknya “ngomong” kayaknya ngomong biasa.

gue belum pernah menjadi panitia Even-even besar. ini adalah kali pertama dimana gue harus mengerti dalam meng-uphold sebuah kegiatan. Syukurlah menjadi Data Base Division, meskipun kerjanya sangat simpel dan sederhana (Divisi yang paling sante) karena kerjanya cuma duduk manis di depan PC, setidaknya gue punya sedikit ilmu tambahan tentang bagaimana meng-kalkulasi dalam masalah tabulasi tiap tim peserta lomba.

satu lagi, ternyata kontribusi yang besar yang belum pernah ada dalam sejarah hidup gue adalah, di acara The 14thj IFDC ini guelah yang menjadi Master of Ceremony pada Opening Ceremony yang dihadiri oleh 22 Tim Debat dari 8 fakultas terbesar di UNSOED. more over, entah ini menjadi kebanggaan besar atau nggak, adalah saat dimana Vice Rector III menyebut nama Rifan Yusuf pada kata ucapan terimaksih dalam sambutannya.

dan ini dia gambarnya

SONY DSC
yeah,inilah gambar gue sama Miss Bela Puragasari, salah seorang Organizers SEF asli Pekalongan juga. wahaha, judulnya Opening Ceremony ini yang  jadi MC sama-sama asli Pekalongan. That’s was marveolous!

ifdc

orangnya sih biasa-biasa aja sih. nggak cantik-cantik amt, punya behel yang terpasang di sederet giginya. jadi wajar aja kalo di foto itu agak pelit ngasih senyumnya. hehehe. moga aja orangnya nggak baca blog gue. tapi jangan salah, segudang prestasi juga pernah diraihnya. salah seorang organizer yang paling kritis di periode ini. ide-idenya cemerlang, debater dan seorang adjudicator juga yang pernah mewakili kampus di berbagai ajang kompetisi lokal maupun nasional. mahasiswi jurusan Ilmu Administrasi negara yang gue harus belajar banyak dari dirinya. aneh saja, dalam berbagai sesi gue selalu mendapati nasib sama dengan cewek ber behel ini. pertama, Seleksi “Additional Journalist”, gue kepilih sama dia. seleksi “Additional Announcer” juga kepilih lagi bareng miss Bela ini, dan terakhir MC Selection kembali eksis bareng cewek ini. haeeehh… jangan bilang ini jodoh!! not at All!! gue sama sekali nggak ada apa-apa, anggap aja cewek ber-behel kritis ini mbak gue. hoho

satu lagi, sebelum maju ke panggung dan membuka acara, gue narsis dulu sama Pendet Dancer nya. miss Key Jung.

ifdvv

udah malem aja. jam 4 pagi yak? it means gue harus stop dulu curcolnya. anuway, ini kali pertama kali gue ngeblog pake bahasa “loe” “gue”, dan rasanya aneh aja. wahahaha. ngggak apalah, cuma mau nyoba nglatih pake bahasa Geje. ih, udah mau subuh aja. padahal hari ini gue harus kuliah jam 8 hoaaaa.

nevermind.

oh ya, congratulation for Medical Science and Health Faculty as the Champion of the 14th IFDC!!! Keep rolling and action!!

bye.

Comments
  1. destini says:

    anak UNSOED ya? congrats buat great experience-nya🙂 sukses terus

  2. destini says:

    aku sekarang kuliah di semarang hehe

  3. destini says:

    wah aku komen 2 kali to..maaf ya nggak nyadar, aku kira yang kemarin nggak kekirim hehe

Leave a Reply

