Well, I’m 19

Posted: 9 July 2013 in Catatan Senja

‘Happy Birthday!

Happy-Birthday-Cyn-cynthia-selahblue-cynti19-33160006-400-404Welcome 9th July, I’m so glad to see ya.
Senin ini aku tepat berusia 19 tahun, sebuah usia yang bukan lagi dibilang usianya anak-anak. Usia dimana hormon-hormon kedewasaanku mulai matang. Usia dimana aku harus bisa menopang hidup dengan prinsip yang teguh. Mandiri. Tegas. Tapi begitu saja, walau kadang suka sekali bersikap ‘ababil’ manakala kumat. Damn, I am mature now!

Tepat terhitung sejak pukul 00.01 dini hari tadi, Timeline facebookku penuh dengan ucapan ulangtahun, ‘wishes’, doa, minta traktiran atau jokes garing dari teman-teman terdekatku. Even they’re real friend or virtual friend. Bagaimana tidak keren kalau tahu-tahu rupanya ada yang diam-diam sengaja begadang hanya demi mengucapkan ulangtahun untukku? Ah, kawan-kawanku itu memang memang hebat. Bahkan sampai detik ini pun masih ada temanku yang kala membuka beranda di facebook, saat melihat peringatan bahwa hari ini ulangtahunku, lalu kemudian mereka tergugah hatinya untuk sejenak mampir ke profilku lalu menuliskan sesuatu, meski hanya tiga huruf, “HBD”.
Thank you, Mark Zuckerberg. You already remind them that today  is my b’day.

Adapun di twitter juga demikian, ada beberapa kawan-kawanku yang mempromosikan aku dengan mention ‘Hbd’nya. Aku cukup senang membaca twit mereka dan langsung ku retwit. Bahkan, teman-teman lama yang jarang sekali nongol kabarnya tiba-tiba menuliskan ucapan doa untukku. Bagiku, semua memang ada artinya. Semua itu adalah doa. Doa ratusan orang yang mengharapkanku menjadi lebih baik di pertambahan usia ini. Ah, aku merasa jadi semakin tua saja.
Upaya syukuranku di ultah ini memang nggak ribet-ribet amat. Pagi-pagi sekali saat para santri hanyut dalam siraman tafsir Ibriz Abah kyai, aku malah sengaja pergi ke warung Bu Yanti, tempat langganan kami para santri sarapan pagi. Disana masih sepi sekali, yang tampak hanyalah segelintir ibu-ibu yang memesan nasi mendoan. bu Yanti barangkali merasa aneh mengapa pagi-pagi seperti ini aku sudah mampir ke warungnya
‘emang udah selesai ngajinya, mas?’. Tanyanya sambil melempar senyum.
‘eh, belum bu.’ Jawabku malu.
Dan tanpa basa-basi aku langsung ke dapur belakang. Aku utarakan maksudku kalau aku hendak beli nasi untuk syukuran. Dan agaknya bu Yanti antusias sekali mendengarnya.
‘syukuran apa? Untuk mas? Ulangtahun ya?’
‘yah, begitulah bu.’
Aku sengaja memesan nasi untuk kawan-kawanku di pondok. Awalnya ingin dibungkus satu-satu saja, tapi ah, kurasa itu bukan cara yang tepat. Aku pikir akan lebih ramai kalau dijadikan satu dalam wadah nampan besar.

‘biar kesan kebersamaannya terasa’ begitu alasanku.
Bu Yanti mengiyakan. Dia meracik nasi goreng sekaligus mendoan dalam satu nampan besar. Dengan tutup daun pisang, aku membawanya ke Pondok.
‘alhamdulillah. Ini memang tidak seberapa, semoga syukuranku ini membawa berkah di usia ku yang ke-19 tahun ini.’
Rupanya ngaji belum selesai. Aku khawatir sekali kalau nasinya dingin karena terlalu lama menunggu. Dan kulihat mendoannya juga sudah lembek. Akhirnya aku nekat untuk menghangatkan kembali nasi itu. tepat sekali, di kamarku adalah satu-satunya kamar yang mempunyai magic Jar milik kang Chayun . Langsung saja aku nanak lagi nasi itu kurang lebih selama lima menit.

Lima menit berselang, tak lama, kurasa agaknya memang sudah kembali hangat. Kulihat para santri berhamburan keluar dari masjid, langsung saja kupanggil mereka sekenanya.
‘hey! Ayo ke sarapan bareng!’ ajakku pada mereka. Dan kawan-kawaku tanpa komando langsung memadati kamarku, melingkari penampan itu. sebenarnya ukurannya tak besar-besar amat. Wow, satu nampan, belasan kepala!
Beberapa dari mereka ada yang menanyakan mengapa tumben sekali aku begitu.

‘anggap saja syukuran’ jawabku singkat.
‘syukuran apa?’ kang Andi kepo.
‘iya syukuran karena si Rifan pagi ini sudah bangun pagi-pagi’ Ahsin menyeletuk. Sontak bocah-bocah dalam lingkaran itu tertawa. Dan aku hanya mesem-mesem saja.hingga akhirnya tahu juga mereka kalau ini sebagai syukuranku karena ultangtahun setelah sesaat sebelumnya mereka membuka facebook.

FIX. Happy b’day. Wish u all the best, fan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s