HBD [ Again ] ; A Crazy Gift!

Posted: 16 July 2013 in Catatan Senja

Sungguh menyenangkan, jika aku melupakan semua hari ulang tahun, termasuk hari ulang tahunku sendiri, untuk mengetahui apakah seseorang ingat kepadaku.

(‘Is lovely, when I forget all birthdays, including my own, to find that somebody remembers me.’)

~Ellen Glasgow

Bukankah Ultah-ku sudah berlalu seminggu yang lalu? Lalu mengapa ada orang yang memanggil-manggilku? Menepuk pundakku. Diundang ke dunianya. Dan, aku diberinya hadiah! Sungguh Kejutan Gila. 

Juli, datang terlalu cepat. Aku terlalu beranggapan kalau bulan Juli adalah bulannya bayi-bayi di dunia banyak yang lahir. Menghirup napas dunia yang penuh lelucon. Termasuk leluconku hari ini!

***
di Bulan Juli banyak sekali organizers yang  ulangtahun. Terpampang di annoucement board itu, ada sekitar 10 organizers yang tepat bertambah usianya. termasuk aku, tentu saja. Sebut saja ada Mas Angga di awal Juli, di tanggal berikutnya ada aku, mas Nizar, Mbak Ama, Epri, jojor, mba Atrih, dan lain-lain. Bulan ini memang ramai sekali orang-orang ulangtahun.

Kamu mungkin sudah terbiasa berbagi ucapan “HBD” di facebook, atau twitter, atau yang lebih spesial lagi, via sms. Semua itu memang doa. Ucapan itu sudah layaknya kue yang rasanya terenak di dunia. Dan, aku, tentu saja, di 9 Juli yang lalu sudah merakannya. Bahkan melewati momen itu dengan syukuran yang sederhana. Melewatinya dengan senyuman.

Aku sengaja tidak mampir ke HOS di hari ultah. Karena kau tahu? Di belakang sekre itu, ada sebuah sungai kecil yang mengaliri selokan sekitar area Purwokerto. Dan ini sudah menjadi semacam tradisi, siapapun yang ultah, harus menjajal di ‘celup’ in kedalamnya, dan di ‘cemplungin’ rame-rame. Seolah itu sudah menjadi suguhan yang menyimpan sejuta cerita.

Tapi, menghilangnya aku selama hari ultah dan mampir ke HOS, justru menjadi perbicangan dan ejekan.

“ah, rivan cemen. Pas ultah nggak ke hos. Ga asik ah” aku masih ingat kata-kata Tyaniva waktu bertemu denganku, dua hari setelah aku ultah.

Aku mafhum benar. Aku tak mau jadi korban. Dan rupanya, days past…

‘emang gue pikirin!’ tukasku dalam hati.

Seperti biasa, setelah momen ultahku berlalu aku jadi agak berani datang ke HOS. Datang rapat, atau sesekali numpang hotspotan disini. Terang saja, Aku melewati hari itu tanpa susah-susah. Tanpa beban, damai,  hingga sampai pada 16 juli seperti saat ini.

Bukankah Ultah-ku sudah berlalu seminggu yang lalu? Lalu mengapa ada orang yang memanggil-manggilku? Menepuk pundakku. Diundang ke dunianya. Dan, aku diberinya hadiah! Sungguh Kejutan Gila. 

Sepulang buka bersama&terawih bersama dan merayakan ultahnya mbak Ama –sekaligus ultahnya mas Nizar, dan mas Anom– aku masih stay di HOS. niatku dari awal memang sengaja numpang hotspotan gratis disini. nge-Blog. Tampak keriuhan mas Yunas dan kak Donny yang sedang asik ngobrolin apa aku kurang tahu. Juga Bahar, Ita dan mba Nida yang sibuk dengan project divisi JSDC nya, Lomba tingkat nasional dari SEF yang akan segera datang di pertengahan September.

 “wuih.. bulan Juli banyak banget yang ultah ya?” kak Donny memulai perbicangan saat melihat papan annoucement.

“Wah, rifan nih mana traktirannya?maen lewat aja. diem dieman. hehe” mas Yunas menimpal.

“apaan sih ah orang udah lewat juga. udah seminggu yang lalu kalee…” jawabku ketus. perhatianku masih tertuju pada layar laptop. Seolah tak peduli dengan gurauan yang mereka utarakan.

Aku tiba-tiba menutup laptop. berbaring pada kasur tempatku bergerak. dan meregangkan otot-ototku. Rasanya kurang tidur. lelah. capai.

kuputuskan untuk memejamkan mata…

menghembuskan nafas damai…

Suddenly,

kedua tanganku ditarik.

kedua kakiku dicekal.

Aku tak bisa bergerak! Mati kutu ditangan dua orang itu!

SIAL!!!

Mas Yunas dan kak Donny membopongku erat-erat. aku mengaduh-aduh. melawan.

“nooo….!!! What The HELL it is!!! “

Byurrrrrr!!!!

usai sudah. basah kuyup. selokan itu berhasil melahap badanku hidup-hidup. Klucur.

“Happy Birdday again yaaaa fan.. hahahahaha ” tawa mereka meledak. meninggalkanku kabur dalam selokan bau itu. WHAT THE HELLLLL!!!

Itu dia rupanya kado gilanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s