Akulah Sang Penyiar Radio!

Posted: 8 May 2014 in Motivation, My Journey, My Life
Tags: ,

IMG-20140304-WA0006Tak habis pikir saja, tak terasa kali ini aku hampir satu periode menjalani profesi sebagai seorang announcer di Dian Swara 98.2 FM, Purwokerto. Dan barangkali kamua adalah salah satu dari kesekian juta pendengar yang menjadi teman malamku di box untuk acara SEF Indisc (Student English Forum Interview and Discussion), program khusus setiap malam Senin pukul 22.15 sampai 24.00, sebagai bentuk kerjasama SEF dengan Dian Swara dimana menghadirkan dialog dan diskusi dalam Bahasa Inggris selama dua jam penuh.

Sejak SMA aku memang punya angan-angan menjadi seorang penyiar radio. Karena masa-masa putih abu-abu itu, di Pekalongan ada satu channel radio yang aku kangeni, BSP Radio. Dulu setiap kali pulang sekolah, sehabis melakukan aktifitas penat kejar-kejaran bus angkot untuk pulang, aku tak jarang melepas boring dengan memutar program “Anak Sekolahan”. Program itu adalah program favoritku karena Dj/Djnya punya suara yang keren, gaul, dan muda. karena memang, acara “Anak Sekolahan” ini sengaja dipilih penyiar-penyiar muda yang masih berseragam putih abu-abu juga. Karena setiap tahun, BSP Radio selalu mengadakan seleksi audisi “DJ Muda” yang ketat dan ramai diikuti anak-anak SMA di Kotaku yang berlomba-lomba menjadi penyiar muda.

pernah suatu ketika, Iyaz, kawan sekelasku pernah mengajakku pula untuk ikut audisi itu. Aku sempat tertawa saat ia membujukku untuk audisi. Memang saat itu ada willing, namun masih malu-malu. aku tak berani. masih gerogi. akhirnya mimpi itu aku simpan jauh-jauh. Menjadi seorang penyiar sudah bukan mimpiku lagi.

Hingga PR Department lah yang mengabulkan mimpi-mimpi itu. Aku terpilih menjadi announcer SEF Indisc, bahasa Inggris!

Aku masih tak habis pikir saja, aku eksis akan hal itu. Aku enjoy dengan diriku yang ‘seperti itu’. Iya, kalau kamu belajar semantik, barangkali kamu akan tahu kenapa aku memberinya kata seperti itu dengan tanda petik. Sudah pasti ada sesuatu dibalik semuanya. karena pada masa-masa bulan pertama, aku masih dihantui rasa shock,

“Lho kok bisa, mahasiswa Sastra Indonesia kok jadi penyiar radio Bahasa Inggris?” Lho kok bisa? Kamus darimana ini!” beberapa nuraniku sendiri masih mengolok-ngolokku seperti itu. aku bahkan naif, aku bahkan tak pede awalnya. kontan saja kamu akan tahu bagaimana ekspresiku manakala aku sedang dalam posisi “briefing” bersama para guestar. manakala mereka menanyai jurusanku,

“Kalo mas yang pake kacamata itu, jurusan apa?” tanya salah seorang bintang tamu.

kala itu aku hanya akan tersipu dan menjawab dengan tegas, “saya dari FISIP. Ilmu Budaya”, tanpa memberinya embel-embel Sastra Indonesia.

halo? Salahkah aku demikian? kenapa aku harus malu dengan menyebut Sastra Indonesia sebagai jurusanku? Tidakkah aku bangga?

Harusnya aku bangga. harusnya aku bisa bercerita kepada dunia bahwa akulah aku. aku bukan oranglain yang gemar meniru jurusan mainstream, dan melakukan aktifitas mainstream, berkawan dengan orang-orang mainstream, aku kurang peduli dengan orang-orang berlagak maintream. maksudku, mes

Sejujurnya ini hanya masalah perspektif saja. Aku tidak seharusnya memberi stigma negatif bahwa berbahasa Inggris itu hanya khusus sekelompok orang jurusan Bahasa Inggris saja, orang sepertiku pun berhak. Menggunakannya,. siapa tahu saja dengan skill ku ini (meskipun aku tidak merasa begitu spesial) suatu saat aku bisa memperkenalkan Indonesia dimata dunia? bisa saja kan? (ketinggian bro)

SEF IndiscLuar biasa pokoknya SEF. Aku memang belum bisa memberi apa-apa padamu. Yang jelas, thank you for everything.

Thanks for much experiences that I’ve never had. Buat para announcer-announcer SEF Indisc 2013 Period, Rafid yang gokil; Kurniawan yang zuper smart; Tyaniva yang cerewet; Mba’ Adisty yang cantik; Mas Angga yang jarang nongol; dan tentu saja Baharudin Harya, sahabatku, manajerku yang luar biasa tangguhnya, tak lupa kawan Baynuri Ikhya dan Rara, PR Squad, kawan 1st intake yang semangatnya sungguh luar biasa. Oh ya buat mas Danang, Mas wisnu yang bolak-balik muterin iklan dan lagu. You guys are amazing people!  Thanks for being with us when we’re having announcing!

Leave a Reply

