BERBAGI INSPIRASI BERSAMA SAHABAT FINALIS DUTA BAHASA JAWA TENGAH 2014

Posted: 12 October 2014 in Motivation, My Journey, My Life
Tags: , , , ,

Finalis duta bahasa jawa tengah 2014Menjadi seorang duta mungkin adalah impian sebagian orang. Namun, terkadang lupa bahwasanya dibalik gelar ‘Duta’ seseorang, tersimpan sejuta kisah pengalaman dan tanggungjawab moral yang mulia. Dibalik gelar duta, ada suatu hal yang dapat dijadikan sebagai teladan bagi masyarakat. Dibalik gelar duta, ketampanan dan kecantikan bukanlah menjadi hal yang nomor satu. Namun, seorang duta yang baik adalah orang yang mampu mengkombinasikan physical appearance bersama sikap, kecerdasan intelektual, kreatif, jiwa sosialis, dan komitmen mulia. Komponen tersebut menjadi kesatuan yang dapat saling melengkapi dan tertanam dalam diri seorang duta.

Sebagaimana pengalaman saya di Minggu pertama Oktober ini. Bertempat di Hotel Move Megaland Jalan Slamet Riyadi –Surakarta, terhitung sejak tanggal 6 – 9 Oktober 2014, saya mendapati ilmu dan pengalaman menyenangkan mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2014, sebuah acara tahunan yang diadakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jateng bersama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan ini diadakan untuk menjaring generasi muda yang memiliki kebanggaan dan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.

Setelah mengikuti proses seleksi yang cukup ketat, dimulai dari Seleksi administrasi, tes UKBI (Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia), wawancara tiga bahasa, saya bersyukur dapat lolos dan dinyatakan menjadi finalis yang akhirnya dipertemukan dengan 40 Finalis yang terdiri dari generasi muda putra putri yang hebat di seluruh Jawa Tengah ini. Bersama mereka, saya mendapat banyak inspirasi. Bersama finalis, saya memiliki keluarga baru dengan pribadi yang unik dan cerdas. Meskipun saya tidak menang, namun saya bahagia sekali. Karena menang dan kalah dalam sebuah kompetisi merupakan kado agung dari Allah dimana melaluinya kita dapat memetik banyak hikmah untuk tidak menyerah dalam berkarya. Saya bahagia karena bertemu dengan finalis yang luar biasa. Beberapa dari mereka adalah dosen muda, dokter muda, guru muda, duta kabupaten, duta pariwisata, bahkan remaja SMA yang sudah cakap dalam komunikasi tiga bahasa pun ikut beradu ketrampilan. Menyimak paparan mereka saat di panggung yang sangat inspiratif. Jangan salah, kecintaan dan kepedulian mereka dengan Bahasa Indonesia patut diapresiasi.Mereka adalah mahasiswa, siswa, dan pemuda pilihan di provinsi Jawa Tengah ini.

Ini adalah kali pertama dalam hidup saya mengikuti acara pemilihan duta Bahasa, karena jurusan kuliah saya adalah bahasa, saya kira ajang seperti ini sangat perlu untuk diikuti untuk generasi muda. Sebagaimana pidato ketua Balai Bahasa bahwa pemerintah tidak akan memilih Duta Bahasa jika tidak ada permasalahan dalam Bahasa, tidak akan ada Duta Lingkungan, jika problematika lingkungan masih terus berlanjut di masyakarakat. Dengan ini menimbulkan kesadaran bagi saya pribadi, bahwa saat ini Bahasa juga mengalami problematika yang cukup serius. Penyalahgunaan bahasa, kesantunan berbahasa yang mulai kurang, budaya-populer yang menyerang generasi muda terkait bahasa alay yang tidak diketahui sumbernya masih merebak. Disinilah, seorang duta Bahasa mampu berkontribusi menjadi mitra Balai bahasa akan artinya sosialisasi dan pengabdian kepada masyarakat.

duta bahasa jawa tengah 2014Akhirnya, setelah selama tiga hari menjalani karantina, di hari ke-tiga kami mendapatkan penghargaan yang luar biasa akan pengumuman pemenang Duta Bahasa Jawa Tengah 2014 yang nantinya berhak meneruskan kiprahnya di ajang pemilihan Duta Bahasa Nasional. Ahirnya, Jawa Tengah memilih Muh. Irfan, mahasiswa asal Purworejo dari Prodi Indonesia Universitas Indonesia dan Ghoniyati Rohmah alumni Sastra Daerah Universitas Indonesia dari Kebumen, sebagai Duta Bahasa Jateng 2014. Untuk sahabatku finalis yang lain, perjuangan kita tidak cukup selesai sampai disini. Kita masih memiliki tugas untuk mempraktikkan apa yang kita dapat selaama karantina. Mereka sungguh luar biasa. Saya salut dan bangga memiliki kawan seorang duta, bersama teman-teman finalis yang cerdas dan membanggakan. Dan aku masih menunggu cerita inspiratif dari kamu, sahabat-sahabatku yang lain untuk ikut acara ini tahun depan, untuk menjadi insan muda yang menginspirasi diri sendiri, orang lain dan bangsa!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s